Analisa Trafik dengan Parameter Round Trip Time (RTT)

19 Okt 2014

Analisa Trafik dengan Parameter Round Trip Time                                        (RTT)

     Monitoring jaringan merupakan salah satu bagian dalam manajemen jaringan dimana monitoring 
berfungsi untuk mengevaluasi performa dan untuk melihat efisiensi dan stabilitas operasional. Analisa dan monitoring trafik diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan dengan penggunaan analisa statistik untuk memperoleh karakteristik trafik. Statistik ini menggambarkan tentang kualitas layanan dan trafik jaringan. Karena adanya keragaman kebutuhan bandwidth oleh arus trafik yang dihasilkan dari aplikasi berbeda.

 
    Permasalahan yang paling mudah dideteksi adalah permasalahan di sisi user yaitu lambatnya kecepatan akses akibat kondisi jaringan yang kurang baik dengan berbagai factor yang mempengaruhinya. Pada praktikum ini melakukan analisis sederhana tentang unjuk kerja jaringan akses internet yang digunakan. Data yang digunakan berupa ukuran round trip time (RTT) dari PC pengguna ke server web tujuan. Aplikasi yang digunakan yaitu PING dan Spread Sheet untuk mengolah data dan membuat grafik.

Dalam telekomunikasi , waktu round-trip delay (RTD) atau waktu round-trip (RTT) adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sinyal yang akan dikirim ditambah lamanya waktu yang diperlukan untuk pengakuan dari sinyal yang akan diterima. Oleh karena itu, waktu tunda ini terdiri dari waktu propagasi antara dua titik sinyal.

Dalam konteks jaringan komputer, dan RTT juga dikenal sebagai waktu ping. Seorang pengguna internet dapat menentukan RTT dengan menggunakan perintah ping.Percobaan ini dilakukan tes ping ke salah satu situs yang servernya www.detik.com ,detikcom ialah sebuah portal web yang berisi be dan artikel daring di Indonesia. detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan.Percobaan ini menggunakan ping melalui koneksi internet dari modem GSM. Kemudian dicari rata-rata waktu RTT untuk mengetahui kestabilan jaringan tersebut.

Hasil tes ping ini dilakukan dengan topologi sebagai berikut :

Topologi ini didapatkan dengan membuat “tracert www.detik.com” di Command Prompt. Untuk memanggil command prompt, kita dapat mengambilnya di “Run” atau dengan cara cepatnya tombol “windows” pada keybord + R, lalu ketikan nama “cmd”. Adapun fungsi tracert yaitu perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan.


Tahap – tahap dalam melakukan “Ping” pada server www.detik.com  :

  1.  Buka Command Prompt di “Run”, seperti yang telah dijelaskan di atas.
  2.  Kemudian buat “ping www.detik.com –n 15 –l 8 –i 225 > 8.txt” maka akan keluar tampilan ini :





        Artinya perintah ping ke website www.detik.com, saya melakukan 15 pengambilan data atau iterasi (-n 15), ukuran paket icmp yang dipakai 8byte (-l 8),  time to live/TTL (-i 225), dan data tersebut di simpan pada notepad (8.txt). Rekan pembaca dapat mengambil file tersebut di “local disk C: users\RAVI\8”.
3. Dengan didapatkan data tersebut maka lihat Average dan Request Time Out (RTO) pada paket icmp 8byte di notepad.






  4.    Lakukan langkah 2 dan 3 dan ganti paket icmp nya menjadi 16, 32, 64, 128, 256,512, 1024, 1500, 2000, 2500, dan 3000        byte

5.   Setelah didapatkan semua average RTT nya pada setiap paket, maka buatlah tabel dan grafiknya yang menjelaskan         pengaruh ukuran paket terhadap rata –rata RTT.


Berdasarkan dari tabel di atas, saya buatkan ke bentuk grafik :




Sebagaimana yang kita ketahui, semakin besar ukuran paket data maka semakin besar pula nilai RTT nya. Tetapi berdasarkan tabel/grafik yang saya peroleh tidak menyatakan demikian,ada beberapa hal yang mempengaruhi yaitu bandwith,penuh tidaknya trafik yang digunakan. Jaringan yang telah terbebani lebih dari 50 % alokasi total seluruh bandwidth yang telah tersedia akan mengakibatkan pengaruh yang cukup signifikan terhadap RTT dan delay. Seperti pada paket 32byte, boleh dikatakan bahwa saat melakukan ping ke server target, kondisi trafik sedang padat maka membuat RTT menjadi besar dan pada paket 16 dan 2000byte mengalami Request Time Out (RTO) sebanyak 4kali, hal ini terjadi karna pemakaian bandwith yang sudah penuh atau website yang dituju memiliki delay yang sangat tinggi sehingga ping time out.
            
       Berdasarkan grafik respon waktu RTT juga mengalami turun naik, idealnya grafik tersebut haruslah naik. Jadi unjuk kerja jaringan akses internet pada  tempat saya kurang bagus.


Kesimpulan

  1. Semakin besar ukuran paket data maka semakin besar nilai RTT.
  2. Bandwith yang kecil menyebabkan RTT yang semakin besar, begitu sebaliknya, dan semakin padat trafik semakin besar RTT nya.
  3.  RTO bisa terjadi karna pemakaian bandwith yang sudah penuh atau website yang dituju memiliki delay yang sangat tinggi.








     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar