WEB PROXY

26 Jan 2015
Proxy saat ini menjadi hal yang sudah umum bagi pengguna internet. Pengguna internet, khususnya di tanah air memang sudah semakin banyak dan semakin mengerti tentang internet. Proxy ini adalah salah satu bentuk layanan internet yang memudahkan aktivitas berselancar di dunia maya yang mana sudah menjadi budaya dalam berbagai bidang kehidupan manusia dewasa ini. Pengertian proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

Penggunaan jejaring sosial adalah salah satu contohnya. Banyak pekerja kantoran dan mahasiswa yang tidak bisa mengakses jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter di lingkungan kantor atau kampus jika menggunakan koneksi gratis dari tempat tersebut. Hal ini merupakan kebijakan dari pemilik koneksi, dalam hal ini kantor dan kampus supaya tidak adanya penyalahgunaan atau pecahnya konsentrasi bekerja dan belajar karena sibuk berjejaring sosial. Untuk mengakali pembatasan itu, maka digunakanlah proxy, dimana akan terlihat dari server kantor yang mengatur lalu lintas data, request yang anda lakukan adalah menuju server proxy, bukan server Facebook atau Twitter sehingga tidak akan ada pembatasan akses.

  1. Saatnya kita melakukan konfigurasi Web Proxy. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu memastikan ether 1 connect pada Router dan ether 3 connect pada PC. Jika sudah buka aplikasi winbox dan lakukan setting untuk mendapatkan IP DHCP pada ehter 1 yaitu interface router dengan mikrotik. Caranya dapat pembaca lihat di postingan saya sebelumnya : http://ravihariska.blogspot.com/2015/01/blocking-client-berdasarkan-ip-address.html 
  2. Setelah itu untuk IP ether 3 dilakukan secara manual atau static. Caranya dapat di setting di Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) Propeties. Cara menuju kesana pilih pada menu star control panel > Network Internet > Network and Sharimg Center.  Klik kanan bagian connetion ethernet dan pilih propeties.
  3.  Lalu klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPV4). Seperti pada dialog di bawah ini :
  4. Dan Setting juga pada winbox IP static dan DNS nya, seperti pada gambar di bawah ini : 
  5. Jika sudah, pembaca dapat melihatnya pada IP > Address List :
  6. Jika IP ether 1, ether 3 , nettwork address dan DNS server sudah di berikan maka kita masuk pada settingan Web Proxy. Tetapi tidak lupa juga melakukan mensetting “NAT”. Langkah – langkahnya dapat dilihat di potingan ini :
    Setelah itu setting pada IP > firewall > NAT Rule. Setting seperti di bawah ini
  7. Pada Bar Action pilih jenis action “redirect” untuk Port “3030”. Port yang dibuat terserah pembaca untuk menentukannya.
  8. Lihat pada Bar “NAT” untuk membuktikan bahwa sudah ada 2 list action yang di konfigurasi :
  9. Selanjutnya, masuk pada IP > Web Proxy > Web Proxy Setting. Dan isi sesuai pada gambar di bawah ini :
  10. Setelah itu, untuk memblock Website yang mempunyai protocol HTTP, pilih “Acces” pada Web Proxy :
  11. Jika sudah dilakukan hal di atas, saatnya kita tes. Buka Browser dan buat alamat di URL www.detik.com. Hasil nya akan keluar seperti ini : 

Jadi pada percobaan ini, fitur web proxy yang digunakan adalah filtering. Dengan menggunakan Web Proxy dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Dengan filtering dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat pembaca lakukan jika hanya menggunakan NAT.
Pada settingan diatas, filtering dilakukan untuk akses data HTTP. Jika kita memblock youtube maka Web Proxy tidak dapat menfilternya, karna youtube memiliki data HTTPS. Adapun website yang difilter adalah detik dan blog. Ketika alamat tersebut diakses oleh client maka akan langsung diblok. Seperti pada gambar di atas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar