Membuat FTP (File Transfer Protokol) dengan Ubuntu 12.04

9 Nov 2014
 File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan koneksi TCP dengan port 21. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

            FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

              FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, me-rename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
·         Sharing data
·         Menyediakan indirect atau implicit remote computer
·         Menyediakan tempat penyimpanan bagi user
·         Menyediakan transfer data yang reliable dan efisien
Saat proses transfer data melalui internet, 4 representasi data dapat digunakan, yaitu:
·         Mode image/image mode (binary mode): mesin pengirim mengirim setiap data per byte dan penerima menyimpan bytestream saat menerimanya. Mode ini direkomendasikan untuk semua implementasi FTP.
·         Mode EBCDIC: mode ini mirip seperti mode ASCII, hanya proses pengiriman dan penerimaan data menggunakan EBDIC character set.
·         Mode lokal/local mode: memungkinkan dua komputer dengan setup yang identik untuk saling mengirim data, tanpa perlu konversi data ke ASCII.
Proses transfer data pada FTP bisa dilakukan dengan 3 mode, yaitu:
·         Mode stream: data dikirim secara terus menerus, FTP tidak melakukan proses apapun namun semua proses diserahkan pada komunikasi TCP. Dalam mode ini, tidak dibutuhkan indikator tanda akhir file, kecuali data dibagi ke dalam suatu records.
·         Mode block: FTP membagi data menjadi beberapa block (block header, byte count, dan data field) setelah itu data dikirim melalui TCP.
·         Mode compressed: data dikompres menggunakan satu algoritma (biasanya Run-length encoding).


Langkah awal yang dilakukan yaitu menginstall program proftpd dengan mengetikkan " apt-get install proftpd " 


#apt-get install proftpd


dari gambar diatas terlihat bahwa komputer yang digunakan telah terinstall proftpd sehingga tidak ada yang di upgrade. jika komputer belum terinstall proftpd, pada saat instalasi akan tampil pilihan " run proftpd " maka pilih "standalone" lalu oke.


Profpt adalah sebuah aplikasi yang di gunakan untuk melakukan transfer data atau yang lebih dikenal dengan FTP(file transfer protokol). Dengan menggunakan proftpd kita dapat membuat sebuah server FTP dimana nantinya kita bisa membuat sebuah server yang bisa memberikan fasilitas upload dan download dari server tersebut. ProFTPd juga mudah untuk di konfigurasikan.

Edit file konfigurasi ftpd menggunakan nano/gedit, pada cara dibawah ini saya menggunakan nano, dan berikut adalah gambar sebelum dan sesudah di edit.

#nano /etc/proftpd/proftpd.conf 



Ganti ServerName "Debian" menjadi nama yang diinginkan. Contoh nya " Ubuntu Ftp Server "


simpan konfigurasi. Lalu restart Proftpd dengan " /etc/init.d/proftpd restart "

# /etc/init.d/proftpd restart

Setelah direstart, maka kita melakukan pengujian. Untuk Pengujian ada dua cara yaitu yang pertama dengan browser dan yang kedua dengan terminal ubuntu.
dengan memasukkan ip komputer kita pada alamat pencarian,  yaitu ip address nya 172.16.30.13.
maka akan keluar tampilan di bawah ini :


Untuk dapat mengakses file harus memasukan user authentication username dan password. username komputer "jartel2" dan password nya "234".


Lalu untuk cara yang ke 2, dapat di uji melaui terminal, cukup dengan memasukan perintah ini :

# ftp localhost



Jadi ftp dibuat untuk mempermudah dalam sharing data antar komputer, sebagai indirect atau implicit remote computer, sebagai tempat penyimpanan bagi user dan juga dalam transfer data yang reliable dan efisien. dan dua hal yang harus ada pada FTP adalah FTP server dan FTP client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar-menukar file, yang selalu siap memberikan layanan FTP kepada FTP client.
Jangan lupa, komentar dan sarannya ya,,

Semua Bisa Jadi Macan !!!

1 komentar: