Konfigurasi Video Streaming Server Menggunakan VLC Berbasis Web dengan XAMPP

11 Jan 2015
Streaming Server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau streaming di internet. Streaming server mengizinkan kita untuk meletakkan file-file audio atau video secara terpisah dari web server yang kita jalankan. Situs-situs yang menyediakan layanan streaming video atau audio menggunakan streaming server untuk menjalankan layanannya. Contoh situs-situs yang menggunakan streaming server diantaranya Youtube, Metacafe, dan Megavideo.
Kali ini di blog saya akan membahas mengenai XAMPP yang merupakan salah satu aplikasi untuk membangun aplikasi website dinamis di lokalhost atau yang belum terkoneksi dengan internet. Sebenarnya ada beberapa aplikasi untuk membangun website di lokalhost seperti MAMP, LAMP, dan WAMP, namun dari ke empat aplikasi tersebut menurut pusatdesainweb.com yang paling mudah digunakan dan dari segi interface yang paling baik adalah XAMPP.
XAMPP adalah software web server apache yang di dalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman PHP untuk membuat website yang dinamis. XAMPP sendiri mendukung dua system operasi yaitu windows dan Linux. Untuk linux dalam proses penginstalanny menggunakan command line sedangkan untuk windows dalam proses penginstalannya menggunakan interface grafis sehingga lebih mudah dalam penggunaaan XAMPP di Windows di banding dengan Linux.
Sebelum kita membahas cara mengenai penginstalan dan penggunaan dasar XAMPP alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu aplikasi apa yang ada di dalam XAMPP yang merupakan aplikasi vital bagi berjalannya XAMPP dengan baik. DIdalam XAMPP ada 3 komponen utama yang di tanam di dalamnya yaitu web server Apache, PHP, dan MySQL
Apache
Apache merupakan web server yang digunakan untuk menampilkan website di internet seperti menggunakan Mozilla fire fox, Google Crome, IE, Safari, dll berdasarkan kode-kode yang di tulis di dalam website tersebut baik menggunakan bahasa pemrograman HTML maupun PHP yang mengambil suatu database yang dibangun di MySQL, sehingga terbentuklah sebuah website yang dapat di lihat di Mozilla fire fox dan kawan-kawannya. Apache sendiri bersifat opensource sehingga dapat digunakan oleh siapa saja dan dikembangkan oleh siapa saj tentunya bagi yang mampu mengembagkannya.
PHP
PHP meupakan bahasa pemrograman yang di digunakan untuk membuat website dinamis yang memungkinkan kita melakukan update website setiap saat. Berbeda dengan HTML yang source kodenya di tampilkan di website, source code PHP tidak di tampikan di halaman muka suatu website karena PHP di olah dan dip roses di server, PHP bersifat server-side scripting yang mampu berjalan di brbagai system operasi seperti windows, Linux, Mac OS, dll.
PHP memiliki kedinamisa dalam hal database yang bisa dihubungkan dengan PHP seperti MySQL, Oracle, MS Access, PostgreSQL. Namun untuk pemrograman website yang paling digunakan adalah MySQL. PHP sendiri sampai sekarang sudah mengalami perkembangan yang pesat dan sudah mencapai PHP 5.5. untuk mengawali kode dalam PHP menggunakan kode <? Dan diakhiri tanda ?>.
MySQL
MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL merupakan sisitem manajemen database yang bersifat at relational. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi jauh lebih cepat.
MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database yang ada di dalamnya. Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database.
PHPMyAdmin
MySQL merupakan sebuah database yang dalam membuat perintah perintahnya menggunakan command line yang menyusahkan dalam proses input, delete, update database. Di dalam XAMPP terdapat sebuah apliaksi yang dinamakan PHPMy Admin yang digunakan untuk membuat pengetikan kode-kode MySQL yang tadinya harus di ketik di command line bisa di olah menggunakan interface grafis sehingga memudahkan dalam pengelolaan database MySQL.
Setelah mengetahui definisi dan fungsi fungsi di dalam XAMPP selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menginstal XAMPP.

Ada beberapa langkah yang harus pembaca lakukan untuk menggunakan XAMPP menggunakan Apache :

 Pastikan pada PC pembaca aplikasi XAMPP sudah ter-install. Jika belum maka download aplikasi tersebut dan lakukan peng-installan. Dan jika sudah,  buka aplikasi tersebut, maka akan muncul tampilan awal aplikasi tersebut seperti ini :


Untuk membuat localhost, kita harus membutuhkan “Apache”. Maka aktifkan “Module Apache” dengan meng-klik tombol “Start”. Tunggu beberapa saat sampai “Apache tersebut berwarna hijau dan keluar digit PID(s) dan Port(s).



Adapun Digit PID(s) dan Port ini merupakan nomor Standart dan nomor Secure. Sebagai mana kita tahu Port ini bertujuan untuk mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. PORT 80 biasanya untuk WEB Server.
            Jika muncul digit tersebut, maka Modul Apache sudah siap untuk di fungsikan. Untuk mengetahui hal tersebut, dapat kita lakukan pada WEB Browser, saya memakai Mozila Firefox dan ketikan alamat “localhost” maka akan muncul tampilan seperti ini :


Langkah selanjutnya, buat sebuah folder pada tempat lokasi penyimpanan XAMPP. Isikan folder tersebut dengan nama folder “Video” di dalam folder ini simpan video dan HTML dengan format Notepad (txt) . Pembaca dapat melihatnya di “localdisk C – xampp – htdocs – Video



    Pada gambar di atas pembaca dapat melihat 2 buah video dan notepad “tes”. Nah, pada notepad tersebut isikan program HTML seperti pada gambar di bawah ini :


Pada koding di atas berisikan Judul Tab, halaman yang akan kita inginkan. Untuk Judul Video dan ukuran video harus sesuai dengan video yang akan kita jadikan streaming, seperti pada video yang saya punya.

Jika sudah save dan bukak lagi localhost kita dengan alamat http://localhost/video/ atau pembaca dapat juga meng-akses dengan IP PC pembaca, seperti IP PC saya ini http://172.16.30.17/video/ . :


Pembaca jangan bingung dengan gambar di atas, kenapa ada 2 buah video yang muncul ???? heheh. Itu karna saya menyimpan 2 buah video.

 Maka tiba saatnya kita untuk menjalankan video tersebut, tapi pastikan dulu pembaca apakah software VLC sudah aktif pada Mozila Firefox, jika belum aktifkan VLC tersebut, caranya klik tanda ini  di pojok kanan atas, dan pilih “Add-ons”


 Jika awalnya belum aktif, maka klik “Enable” jika ada tanda seru berwana kuning yang muncul maka Software tersebut minta untuk di upgrade atau Software tersebut sudah di blog karna memakai Aplikasi Crack, jika pembaca mau meng-upgradenya terserah, kalau saya cukup install ulang aplikasi VLC nya lagi, tampilan VLC nya jika sudah aktif seperti ini :



Ok, let’s Play, mari kita putar video streaming kita, dengan mengklik video “Upinipin.3gp” pada localhost kita atau meng-akses nya pada alamat seperti di bawah ini :


Selanjutnya kita ingin membuat list video. Artinya kita mempunyai beberapa kumpulan video pada localhost kita. Caranya dengan menambah HTML nya lagi, Seperti ini :


Alamat tersebut dapat kita ambil jika kita sudah menyimpan beberapa video pada folder xampp.


Jika sudah maka, akses lagi ke alamat kita yaitu “localhost” dan klik nama Notepad HTML pembaca, nama HTML saya, “List” dan klik atau bisa megaksesnya seperti tanda merah yang saya berikan pada gambar di bawah ini. Lalu akan muncul beberapa list video yang saya punya :

Klik kanan dan new tab masing – masing video nya, maka video tersebut akan muncul dan dapat jalan dengan cara bersamaan.


Pembaca dapat juga mengakses Video – Video dengan teman pembaca yang berada pada satu LAN saja. Karna IP saya belum di konfigurasi dengan Router di tempat saya.
Sekian dari penjelasan saya, untuk pengembangannya mungkin pembaca dapat melakukannya. Terimakasih :D.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar