Tutorial Instalasi dan Konfigurasi CATCI di Ubuntu 12.04 LTS

22 Nov 2014


Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan Cacti, diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS.
          
                   Komponen Utama CACTI
                Data Sources
  Untuk  menghandel  pengumpulan  data, dapat membuat eksternal script atau command yang akan diperlukan untuk di pilih, cacti kemudian mengumpulkan melalui cronjob dan menyimpan nya kedalam database atau round robin archives.

Data Sources dapat juga di buat,  yang berkoresponden dengan data sebenarnya dalam grafik. Sebagai contoh jika anda ingin membuat grafik ping time ke suatu host, anda harus membuat data sources memanfaatkan skrip yang mengping suatu host yang menghasil kan nilai dalam milliseconds. Setelah mendefinisikan option untuk RRDtool sebagaimana menyimpan data anda dapat mendefinisikan informasi tambahan yang dibutuhkan oleh data input. Seperti host yang akan di ping dalam hal ini. Setelah data source di buat, lalu akan di maintain setiap 5 menit secara otomatis.

·         Graphs
Setiap satu atau lebih data source di definisikan,  sebuah grafik RRdtool dapat dibuat menggunakan data tersebut. Cacti memungkinkan  anda membuat hampir setiap grafik RRdtool yang dapat di gambarkan. Menggunakan setiap standar  RRdtool grafik tipe dan fungsi gabungan.  Suatu area pemilihan warna , dan fungsi pengisian text otomatis juga membantu dalam pembuatan grafik agar proses pembuatan grafik lebih mudah. 

Tidak hanya bisa membuat grafik RRDTool based  di cacti,  tetapi banyak cara untuk menampilkan grafik. Selain dengan standar “ List view “  dan “ preview mode “  yang menyerupai RRDTool frontend untuk semua , ada "tree view", yang memungkinkan  anda untuk menaruh grafik-grafik ke suatu tree yang hirarkis untuk tujuan-tujuan pengelompokan.

·         User Management

Karena banyak fungsi cacti, sebuah user management tool  builtin dibuat  supaya Anda dapat menambahkan para user dan memberi mereka hak-hak untuk bagian bagian  tertentu dari cacti. Ini akan memungkinkan seseorang  untuk membuat beberapa user yang dapat merubah parameter parameter grafik, sedangkan yang lain nya hanya bisa melihat grafik. Masing masing user juga dapat memaintain setingan mereka sendiri ketika login untuk melihat grafik.

·         Templating
Terakhir, Cacti dapat diskalakan menjadi jumlah besar source data melalui penggunaan template. Hal ini memungkinkan  pembuatan sebuah grafik atau data source template yang menggambarkan beberapa grafik atau data source yang berhubungan dengan nya. Template template host  memungkinkan anda untuk menggambarkan kemampuan dari suatu host maka cacti dapat menggunakan nya untuk informasi atas penambahan suatu host yang baru.  
Dari yang telah dipaparkan di atas cacti memang cukup powefull untuk sebuah traffic monitoring dan memungkinkan setiap client anda memiliki user dan bisa melihat grafik nya sendiri serta memungkinkan anda membuat sebuah monitoring traffic yang terintegrasi baik secara skrip atau snmp.

              Paket-paket yang di butuhkan sebelum menginstal cacti
1. php-snmp
2. rrdtool
3. net-snmp & net-snmp-utils
4. httpd
5. php
6. php-mysql
7. mysql
8. mysql-server

  Berikut ini adalah langkah-langkah untuk instalasi dan konfigurasi CACTI pada Ubuntu 12.04 LTS.
Masuk ke Terminal
    Dengan perintah : sudo su
Masukkan Password
Lakukan Instalasi CACTI
    Dengan perintah : # apt-get install cacti

Setelah selesai di install, maka akan muncul tampilan untuk memasukan password MySQL :

Pilih OK, lalu ulang kata sandinya lagi :


Pilih OK dan  akan muncul pemilihan webserver, pilih Apache  kemudian OK.




Selanjutnya, akan muncul tampilan Configure CACTI. Pilih <Yes>

Sekarang kita sudah masuk pada konfigurasi CACTI, dan pembaca akan diminta lagi untuk memasukan password CACTI. Agar lebih mudah di ingat masukan lagi password MySQL tadi :

Dan ulangi password nya :


Saya memasukan password “admin” agar waktu login lebih mudah. Membuat password, password terserah pembaca. Jika sudah, maka klik OK dan pembaca secara otomatis masuk ke terminal lagi. Itu artinya proses konfigurasi sudah selesai pada terminal. Sekarang, pembaca buka web server, pada PC saya yaitu Mozila firefox, dan buat alamat “localhost/cacti/install”, maka akan muncul seperti ini :

Pembaca sudah masuk ke tahap instalasi CACTI pada localhost. Pilih “next” 


Dan pastikan tidak ada peringatan error. Jika tidak, pembaca dapat meng-klik “Finish”.  Maka akan keluar tampilan untuk login. Seperti di bawah ini :
User Name    : admin
Password      : admin


Setelah itu pembaca dapat mengubah password untuk login kembali, password nya terserah dari pembaca. Saya memasukan  password “admin” kembali, agar mudah untuk diingat.
            Perlu diingat bahwa, ada beberaa PC yang sudah ter-install CACTI. Maka pembaca langsung saja masuk ke alamat “localhost/cacti” dan langsung login. Tetapi jika pembaca ingin menghapus kembali aplikasi CACTI, ketikan perintah ini “apt-get remove cacti –purge”. Maka aplikasi CACTI akan terhapus.
            Jika sudah ditukar passwordnya, maka akan keluar tampilan seperti ini :



Dan pilih menu “device” seperti yang saya kasih tanda persegi panjang berwarna merah. Lalu klik “add” pada sebelah kanan atas, tujuannya, pembaca akan mengisi form untuk melihat grafik advanced dan metoda perolehan multiple data. Ini tampilan form-nya :

Agar lebih jelas, saya akan memberikan beberapa penjelasan dari gambar di atas :
1. Pada description isikan nama interface yang akan di monitor trafficnya (Contoh:Localhost).
2. Pada Hostname isikan IP dari interface tersebut, pada percobaan ini kita akan memonitor traffic dari Local Host dengan IP address 127.0.0.1.
3. Pada Host Template dipilih Generic SNMP-enable Host, Host Template ini menentukan tipe data apa yang ingin diketahui dari interface jaringan tersebut
4. Pada Downed Device Detection pilih SNMP.
5. Untuk Ping Timeout Value, isikan 400, artinya apabila router atau interface jaringan yang akan kita monitoring trafficnya tidak mengirimkan data dalam 400 s maka akan terjadi Timeout.
6. Ping Retry Count menunjukkan berapa kali proses Ping diulang apabila terjadi kegagalan dalam proses Ping sebelumnya.
7. SNMP Version menunjukkan versi SNMP yang digunakan
8. SNMP Community pilih PUBLIC atau sesuai dengan parameter SNMP yang digunakan.
9. SNMP Port menunujukkan port yang digunakan oleh SNMP yaitu port 161.
10.SNMP Timeout menunjukkan lamanya waktu sebelum terjadi Timeout apabila tidak ada data SNMP yang diterima, pada percobaan ini adalah 500s.

Pada percobaan ini digunakan tipe “Karlet-Wireless Bridge Statistics". Untuk memastikan SNMP nya jalan di device tersebut, klik “verbose query” pada bagian “associated data query” di SNMP-Interface Statistic. Ketika hasil yang ditampilkan tidak mengandung error maka klik Save.

Jika sudah di save, maka langkah selanjutnya, pada menu device klik device yang sudah kita buat yaitu gateway, selanjutnya klik “create graphs for this host” pada pojok kanan paling atas.
Pada bagian data query [SNMP-Interface statistic] centang bagian interface dari device gateway yang mau ditampilkan grafik trafiknya. Pada bagian select graph type, pilih “In/Out Bits with total bandwidth” atau pilih sesuai yang pembaca inginkan. Dan klik create.
      Selanjutnya untuk menampilkan di graph tree, pada bagian graph management pilih host:gateway yaitu device yang sudah dibuat sebelumya. Centang semua graph yang muncul dan di bagian action pilih “Place on a Tree” klik go.Tampilan Seperti dibawah ini :


Jika sudah klik “go” maka akan keluar tampilan :


Pada tampilan di graph filter akan muncul device gateway, awalnya memang grafiknya tidak muncul karena perlu waktu untuk query data ke device localhost. Setelah beberapa menit akan muncul trafik data untuk tiap interface yang sudah kita centang sebelumya.  



Data diatas merupakan beberapa tampilan grafik yang  diperoleh setelah beberapa jam pengamatan dengan menggunakan cacti. Adapun jaringan yang diamati trafik nya adalah localhost pada PC lab IP 127.0.0.1. Pengamatan trafik ini hanya berlangsung kurang lebih 2 jam sehingga grafik yang diperoleh tidak terlalu jelas. Grafik akan terlihat jelas jika monitoring dilakukan selam satu hari. Beban trafik dari jaringan yang dimonitoring dapat dilihat kondisinya selama satu hari. Dari grafik diatas dapat dilihat data IN/OUT Bytes total bandwidth dari tiap interface yang dimonitoring.
        Pada tampilan cacti terdapat grafik yang berwarna merah,orange dan merah.  Selain itu pada grafik juga ada istilah “current” yaitu trafik yang sedang berjalan, “average” yaitu rata-rata trafik selama pengamatan dan “maximum” yaitu trafik tertinggi selama pengamatan. Untuk trafik yang berwarna biru menunjukan trafik user, trafik warna merah proses trafik yang sedang berlangsung.
  • CACTI merupakan salah satu software yang digunakan untuk monitoring jaringan dengan pengolahan database berbasis MySQL.
  • CACTI menggunakan RRDTool untuk pengolahan grafik.
  • CACTI menampilkan grafik berdasarkan trafik yang masuk (inbound) dan trafik yang keluar (outbound).

Sekian dari hasil postingan saya, mudah – mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar