Pengenalan Ubuntu

19 Okt 2014

PENGENALAN UBUNTU

        Ubuntu adalah sistem operasi yang dibuat menggunakan Kernel Linux. Kernel Linux sendiri dibuat oleh Linus Torvald, dimana Linux ini merupakan Mesin Utama Sistem Operasi yang dibuat mirip dengan Unix (Unix-like), sistem operasi pada masa itu. Tetapi Linux sendiri bukan Unix melainkan kalau boleh dibilang , modifikasi dari Minix. Minix sendiri juga disebut Mini-Unix sistem operasi yang dibuat untuk kalangan pelajar di luarnegeri karena sistem operasi dan komputer saat itu sangat mahal. Oleh karena itu Linux Torvald membuat Kernel Linux ini untuk menekan biaya Sistem Operasi saat itu. Penemuan Linux tersebut didukung oleh banyak Programmer seluruh dunia dan akhirnya Linux digunakan hampir dari semua kebutuhan perkomputeran saat ini tanpa kita sadari.


Kelebihan – kelebihan Ubuntu OS
Beberapa kelebihan Ubuntu :
1. Tampilannya bagus.

2.Keamanan & Virus.
   Ubuntu ini dapat penulis katakan, sangat bebas virus. Tetapi tidak 100%. Virus tersebut tidak terlalu membahayakan Ubuntu ini. Bahkan virus di Ubuntu bagaikan “masuk kanan keluar kiri”. Sistem Keamanan Ubuntu sendiri sangat ketat karena terlindungi oleh Password dan Enkripsi lainnya.

3. Mudah Di Modifikasi.
     Sistem Operasi ini sangat mudah dimodifikasi, bahkan di Internet banyak pilihan tema dan icon yang anda bisa Install untuk merubah Tampilan. Disisi lain anda juga bisa membuat Ubuntu anda secara personal dengan memodifikasi file systemnya. Tentunya dengan tutorial – tutorial yang banyak bertebaran di Dunia Maya.

4. Games.
      Games di Ubuntu tidak kalah canggih dan bagus dengan game – game yang ada di Windows. Pengguna pun bisa menginstall Game Windows di Ubuntu dengan menggunakan Wine.

5. Tool (alat) untuk bidang Keamanan Sistem Jaringan
         Tool yang tersedia sangat banyak dan ini beberapa contohnya:
     a.) nmap = Tool yang digunakan untuk mendeteksi Sistem Operasi lain menggunakan ip target
    b.) msfpro & msfconsole (Metasploit) = Tool yang digunakan untuk mencari celah keamanan pada beberapa sistem operasi yang                   ada didunia ini.
     c.) aircrack-ng = Tool yang digunakan untuk mengcrack password wifi. Dan lain-lain

6. Interface yang mudah.
      Para pengguna Ubuntu sebenarnya paling dimanjakan oleh tampilannya. Hanya sekali
klik program sudah tersedia. Jika ingin mencari lagu, cukup ketikkan di Launcher HUD.
Pengguna sudah dapat membeli dan mengunduhnya.
   
Kelemahan Ubuntu
   
1.Support Hardware
      Beberapa vendor hardware baru kadang belum menyupport Ubuntu, biasanya menunggu 1 sampai 2 bulan agar bisa disupport. Misal Modem, Wifi, dan Kartu Grafis
(VGA)

2. Butuh penyesuaian
      Bagi pengguna yang terbiasa dengan Windows akan berhadapan dengan interface baru. Tapi pastinya di Ubuntu ini benar – benar mudah sekali kalau kita terbiasa
menggunakannya

3. Sisanya tidak ada lagi (^_^)


Selanjutnya kita masuk pada tahap pengenalan ubuntu. Ubuntu yang saya pakai versi 14.04, supaya lebih paham mengenai ubuntu ini, berikut capture dari desktop ubuntu :



Setelah kita mengklik Dush di ubuntu versi 14.04 ini (lingkaran kuning) maka akan muncul tampilan search, seperti gambar di bawah ini :


Kemudian, di bawah ini merupakan tampilan file dari ubuntu, kalau di windows kita mengenal windows explorer



Jika kita ingin melakukan setingan display, personal, bluetooth, warna, keyboard dan sebagainya kita dapat mengklik setting di bar Dock, maka akan muncul tampilan ini :



Sekarang kita akan masuk tahap pengelohan pada terminal atau pada windows disebut command prompt. Untuk memanggil terminal pada ubuntu, klik dush dan ketikan di search “Terminal” atau dengan cara cepatnya Ctrl + Alt + T.

Maka akan tampil sebuah terminal seperti gambar di bawah ini :



Untuk kotak yang berwarna merah, yaitu “ sudo su “ (super user) fungsinya untuk masuk ke sistim root, dan nantinya akan meminta password untuk masuk ke sistim tersebut, masukan password sesuai dengan user kita. Tanda kita sudah masuk ke sistim root yaiu simbol ~$ berubah menjadi #.
Kemudian, kotak yang berwarna kuning menggunakan fungsi “ ls” yang tujuannya yaitu untuk melihat apa – apa saja yang ada dalam folder. Dan kotak yang berwarna hijau berfungsi untuk membuat directory. Kita dapat mencek folder tersebut sesuai tempat dimana kita membuatnya, pada gambar di atas di  “root@ravi-N46VM:/home/surya/Documents#”.
Untuk menghapus directory yang baru dibuat yaitu ravi1 dan ravi2 di gunakan fungsi ini :




“rmdir ravi2” maka folder ravi2 terhapus, terlihat di gambar Cuma ada folder ravi1 yang tersisa.
Selanjutnya untuk membuat file, fungsi yang kita gunakan yaitu “echo linux > test1.txt”. Maksud dari fungsi ini yaitu file yang di buat dalam jenis txt / notepad, nama file tersebut yaitu test1 dan di dalam file tersebut berisikan tulisan linux. Lalu pada gambar di bawah ini ada juga fungsi “gedit test1.txt” yaitu untuk mengedit tulisan linux tersebut.


Ada juga cara untuk mengedit tulisan pada file selain gedit, yaitu “nano”. Perbedaannya adalah apabila kita menggunakan 'gedit' kita dapat mengedit menggunakan mouse, sedangkan apabila kita menggunakan 'nano' kita dapat mengeditnya hanya dengan menggunakan keyboard. Perbedaannya juga dapat kita lihat di gambar ini

Tampilan dengan cara “gedit”


Tampilan dengan cara “nano”


Jika kita ingin mengopi file caranya seperti gambar di bawah ini :


Note : Perlu diperhatikan spasi dari penulisannya, agar fungsi dari program tersebut dapat berjalan.
Melakukan pengubahan konfigurasi ip dapat dilakukan dengan fungsi “gedit /etc/network/interfaces. Akan muncul kotak dialog ini :



Ubah ip address dan netmask sesuai ip yang akan kita gunakan, lalu aktifkan ip dan netmask nya dengan menghilangkan tanda #. Jika sudah di save maka pembaca harus merestart networking nya, dengan cara “ /etc/init.d/networking restart”. Untuk memastikan apakah ip tersebut telah berubah “ifconfig”.

Selanjutnya kita akan mengubah update manager ubuntu, sebagai source tempat kita mendownload aplikasi aplikasi terbaru untuk komputer kita. Disini kita akan mengubah software source nya dari kambing.ui.ac.id. dengan mengklik search pada bagian kiri atas desktop, pada tab pencarian ketikkan update seperti gambar dibawah :



Lalu klik update manager tesebut dan akan muncul kotak dialog seperti ini :



Klik setting pada kotak dialog tersebut dan akan muncul tampilan dialog  :


Lalu pilih tab ubuntu software, untuk sumber downloadnya pilih server Indonesia, dan pilih kambing.ui.ac.id. Pastikan nantinya software source kita telah berubah dengan cara membuat “apt-get update” pada terminal. Sambil minum kopi atau teh pembaca dapat menunggu beberapa saat sampai update tersebut selesai ^_^









Tidak ada komentar:

Posting Komentar