WEB SERVER

24 Okt 2014


Web server adalah sebuah aplikasi server yang melayani permintaan HTTP atau HTTPS dari browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman-halaman web. Halaman-halaman web yang dikirim oleh web server biasanya berupa file-file HTML dan CSS yang nantinya akan diparsing atau ditata oleh browser sehingga menjadi halaman-halaman web yang bagus dan mudah dibaca.
Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.


Untuk melakukan web server di Ubuntu, maka harus menggunakan tools apache, fungsinya yaitu untuk menjadikan web ke server. Maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah menginstall Apache di Ubuntu kita. Tetapi sebelum melakukan penginstallan sebaiknya lakukan update system terlebih dahulu. Berikut tahap – tahap konfigurasinya.
Open terminal, (Ctrl+Alt+T), masuk ke super user (sudo su ) dan lakukan seperti gambar di bawah ini :

Barulah bisa melakukan penginstallan :
Jika sudah selesai penginstallan, maka akan muncul tulisan “Reading package done” . . .




Selanjutnya melakukan pembuatan HTML, tetapi sebelum itu kita harus pindah direktori terlebih dahulu, Pindah ke “cd /var/www” .  Dan check ip DHCP nya, pastikan PC terhubung ke jaringan. Caranya ketikan “gedit /etc/network/interfaces”
Kemudian lihat isi folder  www, dengan membuat fungsi “ls”, jika hanya ada data html, maka kita harus membuat file jenis html, dengan cara “gedit ravi.html”



Dan di dalam HTML tersebut saya isikan berupa data diri saya dengan koding html, pembaca dapat membuka internet untuk beberapa contoh koding html. Berikut hasil dari koding html saya :





Jika sudah selesai, maka save data tersebut, lalu kita panggil server ini menggunakan web browser. Ketikan server “localhost/ravi.html” maka akan muncul data diri saya :



Lalu saya juga mencoba menggunakan IP Static. Langkah selanjutnya buka setting ip seperti yang telah di jelaskan di atas, lalu aktifkan ip static nya dan matikan IP DHCP dengan memberikan tanda “#” diawal ip tersebut. Supaya pembaca lebih paham, saya inputkan gambarnya :

Save jika sudah di edit, dan restart networknya (etc/ini.d/networking restart). Jika sudah di restart maka supaya membuktikan bahwa ip nya sudah diganti, check dengan “ifconfig”.


Lalu, masuk ke web browser lagi, dan ketikan ip static yang kita beri “192.168.1.23/ravi.html”

Itulah beberapa tahap yang telah saya lakukan, maaf jika ada kesalahan penulisan. Jika ada kritikan dan saran, komentarnya di bawah :D
Semua Bisa Jadi Macan !





Tidak ada komentar:

Posting Komentar