Installasi Blog pada Server Local

13 Jan 2015
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).[4] Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya[4]. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.[5] Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg[5]. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya [6].
Rilis terbaru WordPress adalah versi 3.8.1 (23 Januari 2014).[2] WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU.[3]
WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org[8].
WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic[5]. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.[5] Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.[9] Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan.[9] Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.[9]
WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya.[8] WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.[10]

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:[8]
  1. WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
  2. WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.
Untuk membuat blog di local host (Wordpress), kita harus membutuhkan Xampp, karna pada Wordpress akan menggunakan database dan user tersebut untuk mengelola data – data yang digunakan. Maka untuk itu pembaca harus menambah database dan user. Berikut caranya.

Pastikan PC pembaca sudah ter-install aplikasi XAMPP, jika sudah jalankan dan aktifkan Apache serta MySQL dengan mengklik tombol “start” lalu tunggu beberapa saat hingga muncul angka PID(s) dan Port. Jika sudah klik tombol “Admin” .



Maka secara otomatis akan masuk pada phpmyadmin di XAMPP. Klik menu “Database”, silahkan masukan nama database yang diinginkan, kemudian klik “Create”. Note : Ingat – ingat nama data base tersebut, karna kita karna kita akan menggunakannya nantik. Di sini saya menggunakan nama database “Blog_ravi


Sekarang saatnya kita menambahkan nama “user” untuk database yang baru kita buat. Silahkan masuk ke database yang sudah kita buat, pembaca dapat menemukannya di menu “Privileges”. Kemudian klik “Add User”.


Begitu pembaca klik Add user maka akan muncul form pembuatan user baru. Isikan “user name”, pembaca dapat mengisikannya terserah pembaca inginkan. Kemudian isikan juga “host” isikan dengan “localhost”. Isikan password sebanyak 2x dan centang “grant all privileges on database”. Note : user name dan password yang dibuat tadi harus pembaca hafal, karna dibutuhkan untuk login nantik.


Kemudian, geser ke bawah scroll bar pembaca dan pada “Global Privileges” klik centang. Hal ini merupakan semua data yang di perlukan oleh MyQSL dan klik “GO”.


Gambar di bawah ini memberitahukan bahwa kita sudah selesai membuat database dengan Xampp dan user di phpmyadmin.


Sekarang kita akan membahas bagaimana meng-install Wordpress di localhost mengunakan Xampp.
Siapkan file WordPress terbaru. Kalau pembaca belum punya bisa di unduh dulu atau download langsung di WordPress.org.
Buka folder Xampp di PC pembaca, lalu bukalah folder htdocs. Copy-kan file WordPress ke dalam folder ini. Agar lebiih mudah dapat pembaca liat pada gambar di bawah ini :


Note : Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file yang bisa dibuka di browser. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya. Biasanya kalau settingan masih default, folder ada di drive C. Jadi pastikan jangan salah taruh pembaca

Nama folder yang saya copy-kan “WordPress”. Jika mau pembaca dapat menggantikan nama folder yang pembaca inginkan, karna nama folder tersebut akan dijadikan nama website pembaca. Di sini saya tetap membuat nama folder WordPress, seperti pada gambar di atas.
Sekarang buka browser, pada PC saya Mozila Firefox dan akses dengan alamat http://localhost/nama_folder. Kalau milik saya http://localhost/wordpress. Lalu klik Create a Configuration File. Pilih bahasa yang pembaca inginkan :


 Klik lanjutkan, lalu isikan keterangan koneksi basis data pembaca di bawah ini. Isi sesuai dengan apa yang pembaca setting pada MySQL.


Lalu klik kirim

dan klik jalankan instalasi. Setelah itu pembaca diminta untuk mengisikan informasi yang dibutuhkan. Untuk nama pengguna dan password sama dengan settingna sebelumnya agar WordPress tidak error jika akan di insttal.


Jika WordPress sudah terintsall maka akan muncul tampilan bahwa WordPress anda berhasil !.


Masuk ke log, dan isikan User name / nama pengguna serta password tadi. Ingat lagi user name dan password nya. Tetapi jika pembaca lupa dengan user name nya, pembaca dapat melihat nya di phpmyadmin pada bagian Privileges.  Lalu jika pembaca lupa dengan password nya, pembaca dapat melihatnya pada email yang dibuat pada saat konfigurasi sebelumnya.


Ini adalah tampilan dari Dasbor WordPress jika sudah login


Jika ingin membuat postingan pertama kita, klik Bar Tulisa dan klik Entri baru. Silahkan dibuat postingan yang bermanfaat :D


Demikianlah langkah – langkah membuat sebuah Blog pada localhost. Saya mengharapkan komentar dan saran dari pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar