KONFIRGURASI NETWORK ADDRESS TRANSLATION (NAT) PADA MIKROTIK ROUTER

4 Jan 2015
NAT (Network Address Translation) atau Penafsiran alamat jaringan adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.
NAT merupakan salah satu protocol dalam suatu sistem jaringan, NAT memungkinkan suatu jaringan dengan ip atau internet protocol yang bersifat privat atau privat ip yang sifatnya belum teregistrasi di jaringan internet untuk mengakses jalur internet, hal ini berarti suatu alamat ip dapat mengakses internet dengan menggunakan ip privat atau bukan menggunakan ip public, NAT biasanya dibenamkan dalam sebuah router, NAT juga sering digunakan untuk menggabungkan atau menghubungkan dua jaringan yang berbeda, dan mentranslate atau m

a
enterjemahkan ip privat atau bukan ip public dalam jaringan internal ke dalam jaringan yang legal network sehingga memiliki hak untuk melakukan akses data dalam sebuah jaringan.
Ada tiga macam jenis dasar Network Address Translation (NAT):    
1.      Static NAT
Network Address Translation (NAT) menterjemahkan sejumlah IP address tidak terdaftar menjadi sejumlah IP address yang terdaftar sehingga setiap client dipetakkan kepada IP address terdaftar yang dengan jumlah yang sama. 

  









2. Dynamic NAT
Dynamic Network Address Translation dimaksudkan untuk suatu keadaan dimana anda mempunyai IP address terdaftar yang lebih sedikit dari jumlah IP address un-registered. Dynamic NAT menterjemahkan setiap komputer dengan IP tak terdaftar kepada salah satu IP address terdaftar untuk connect ke internet. Hal ini agak menyulitkan para penyusup untuk menembus komputer didalam jaringan anda karena IP address terdaftar yang diasosiasikan ke komputer selalu berubah secara dinamis, tidak seperti pada NAT statis yang dipetakan sama. Kekurangan utama dari dynamis NAT ini adalah bahwa jika jumlah IP address terdaftar sudah terpakai semuanya, maka untuk komputer yang berusaha connect ke Internet tidak lagi bisa karena IP address terdaftar sudah terpakai semuanya.      

 


3.      NAT Masquerading                                                                                       
            Masquerading NAT ini menterjemahkan semua IP address tak terdaftar pada jaringan anda dipetakan kepada satu IP address terdaftar. Agar banyak client bisa mengakses Internet secara bersamaan, router NAT menggunakan nomor port untuk bisa membedakan antara paket-paket yang dihasilkan oleh atau ditujukan komputer-komputer yang berbeda. Solusi Masquerading ini memberikan keamanan paling bagus dari jenis-jenis NAT sebelumnya, Karena asosiasi antara client dengan IP tak terdaftar dengan kombinasi IP address terdaftar dan nomor port didalam router NAT hanya berlangsung sesaat terjadi satu kesempatan koneksi saja, setelah itu dilepas.



Keamanan NAT Kebanyakan implementasi NAT sekarang ini mengandalkan pada teknik jenis Masquerading NAT karena meminimalkan jumlah kebutuhan akan IP address terdaftar dan memaksimalkan keamanan yang diberikan olen Network Address Translation (NAT). Akan tetapi perlu dicatat bahwa NAT itu sendiri, walau memakai jenis NAT yang paling aman, Masquerading bukanlah suatu firewall yang sebenarnya dan tidak memberikan suatu perisai besi keamanan untuk suatu situasi yang beresiko tinggi. NAT pada dasarnya hanya memblokir tamu tak diundang (unsolicited request) dan semua usaha penjajagan atau usaha scanning dari internet, yang berarti suatu pencegahan dari usaha para penyusup untuk mencari file share yang tidak di proteksi atau private Web ataupun FTP  usaha serangan DoS (Denial of Services) terhadap komputer yang ada dijaringan private anda. Ataupun tidak bisa mencegah usaha-usaha lain dengan teknik yang lebih kompleks untuk melakukan kompromi jaringan.

NAT adalah solusi yang memadai jika :
  • Akses ke internet dan akses ke jaringan tidak dibatasi berdasarkan user per user. Jaringan private berisi user didalam lingkungan yang tidak bisa di routed.
  • Organisasi anda memerlukan address private untuk komputer-2 pada jaringan private.

Suatu server NAT memerlukan paling tidak 2 interface jaringan :
  • Setiap interface memerlukan IP address, range IP address yang diberikan haruslah berada dalam subnet yang sama dengan jaringan dimana ia terhubung.
  • Subnet mask juga harus sama dengan subnet mask yang diberikan pada segmen jaringan dimana dia terhubung

Suatu server NAT dapat diletakkan pada jaringan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu:

  • Mengisolasi traffic jaringan pada segmen jaringan sumber, tujuan, dan segmen jaringan intermediate
  • Membuat partisi subnet didalam jaringan private, melindungi data confidential.
  • Pertukaran paket jaringan antara jenis segmen jaringan yang berbeda

Untuk melakukan konfigurasi ini, saya memakai 2 buah port pada Mikrotik :
1.    Ether-1 LAN untuk ke PC
2.    Ether-3 untuk ke Switch yang langsung terhubung ke Router PCR
Untuk tahap konfigurasi pada Ether-1 LAN sebagai server dapat di lihat pada blog yang telah saya buat sebelumnya :

Sekarang saya akan membuat tutorial untuk melakukan konfigurasi pada Ether-3 dengan menggunakan NAT. Jika kita sudah melakukan konfigurasi Ether-1 sebagai server, seperti gambar di bawah ini :



Maka, klik menu Ip pilih DHCP client, seperti pada gambar di bawah ini :



Lalu, pembaca dapat meng-klik tanda “+” di pojok paling kiri, dan pilih Ether-3, seperti pada gambar di bawah ini :


Klik ‘OK” maka secara otomatis, aplikasi Winbox akan mencari dan memberi IP untuk router .


IP yang saya dapatkan 172.16.30.16, selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi NAT.
Pilih menu IP lagi dan pilih Firewall, maka akan keluar tampilan ini :



Pembaca pilih bar “NAT” dan klik tanda “+” seperti yang saya beri tanda kotak merah.


Sekarang pembaca membuat aturan NAT yang baru, seperti pada gambar di atas. Pada menu Chain pilih “Scnat” dan pada output nya pilih “Ether-3”. Scnat merupakan jenis network dari Client mikrotik yang akan melakukan proses search pada NAT. Setelah itu pada Bar “Action” pilih Masquarade. Masquarade adalah suatu cara untuk menghubungkan IP local menuju ke jaringan internet (Wide Are Network) melalui perantara IP Public.


Untuk melakukan pengujian nya maka lakukan PING pada masing – masing IP yang kita peroleh. Maka NAT tersebut sudah siap untuk di konfigurasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar