Pengambilan Data Tentang Kestabilan Unjuk Kerja Kecepatan Akses Internet

25 Okt 2014
     Pada bagian ini akan dicari tahu nominal RTT dengan rentang tertentu yang sering muncul. Percobaan ini menggunakan Probabilitas Distribution Function (PDF) dan Cummulative Distribution Function (CDF) untuk mengetahui bentuk distribusi data RTT selama pengukuran dalam rentang waktu tertentu. Nilai PDF dan CDF tersebut akan membantu dalam menarik kesimpulan yang menunjukkan keadaan sesungguhnya. Analisa statistik ini akan membuat kita dapat lebih mudah melihat gambaran karakteristik dari kinerja jaringan.

1. PDF (Probability Density Function
Probability Density Function menyatakan nilai probabilitas dari setiap keajadian. Contoh pada kasus  ini adalah dimana X merupakan tiap-tiap ukuran paket data dari data pada langkah sebelumnya, dengan RTT range 25 ms. Caranya, nilai RTT terkecil kemudian tambahkan 25 ms itu jadi range pertama, dan lanjutkan sampai data RTT terbesar masuk dalam range terakhir. Nilai PDF akan menampilkan kemungkinan jumlah data dalam range. Nilai semua kemungkinan adalah 1.

2. CDF (Cumulative Density Function)

Fungsi kepadatan kumulatif atau Cumulative Density Function adalah fungsi yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu (1). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jumlah nilai kemungkinan adalah 1.


Supaya lebih paham mengenai PDF dan CDF mari kita simak beberapa tahap pengujiannya.
Pertama-tama tentukan ukuran paket yang digunakan, yaitu 64byte, 128byte, 512byte dan 1024 byte. Selanjutnya dengan aplikasi ping, lakukan proses ping untuk setiap ukuran paket tersebut diatas sebanyak 1000 iterasi. Perlu diketahui, pada bagian ini hasil ping yang request time out tidak diperhitungkan, artinya 1000 nilai RTT harus didapatkan. Oleh karena itu untuk antisipasi hasil request time out, saya naikkan angka iterasinya menjadi 1100. Jumlah iterasi 1000 ini didasarkan pada lama pengukuran sebagai tingkat variasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain 1000 pembaca juga bisa menggunakan angka 500, namun tentunya semakin sedikit iterasinya semakin sedikit variasi hasil pengukuran yang didapatkan.

Ini merupakan capture dari proses ping yang dilakukan, mulai dari paket 64,126,512 dan 1024byte.

Tahapan selanjutnya, kita lihat data yang telah disimpan, data tersebut dapat diambil di “C:Users\RAVI (sesuai dimana kita mau menyimpannya)”.

Kemudian olah hasil pengukuran dengan aplikasi spread sheet (Microsoft Excel). Cara pengolahan spread sheet bisa dilihat di google.Dari hasil nilai 1000 RTT tersebut urutkan dari terkecil sampai terbesar. Kemudian ditentukan nilai BIN=25 ms sebagai rentang nilai RTT pada grafik PDF dan CDF. Misalnya dari contoh gambar di atas urutkan dari 53ms – 650ms.
Berikut ini adalah grafik PDF yang menunjukkan kestabilan unjuk kerja kecepatan akses internet. 
1.    PDF dan CDF untuk paket 64 byte

 2.    PDF dan CDF untuk paket 128 byte

3.    PDF dan CDF untuk paket 512 byte


 4.    PDF dan CDF untuk paket 1024 byte



Sebagaimana yang kita ketahui PDF adalah suatu fungsi yang menyatakan nilai kemungkinan terjadinya kejadian tertentu. Sedangkan CDF adalah fungsi yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu. Pada ukuran paket 64byte misalnya, jumlah data yang diperoleh dari range 54 – 79 adalah 667 data, maka untuk mengetahui PDF nya



Begitu seterusnya, data yang didapat sampai range tertentu. Sedangkan untuk memperoleh hasil dari CDF adalah  penjumlahan dari setiap kemunculan data tersebut hingga range tertentu atau penjumlahannya sampai hasilnya 1.
Dan dari ke empat grafik PDF tersebut, grafik dengan ukuran paket 128byte memiliki unjuk kerja yang bagus dan stabil, karena pada grafik tersebut persebaran datanya tidak terlau banyak. Jaringan stabil pada range 56 – 81. Range yang lainya hanya memiliki peluang yang sedikit kemunculannya. Pada paket 64 byte, sebenarnya hampir sama dengan paket 128byte, tapi jika dibandingkan persebaran datanya lebih banyak pada paket 64byte. Beda halnya dengan paket 512 dan 1024 byte, jaringannya tidak stabil,banyak penyebaran data yang terjadi.Ukuran paket yang semakin tinggi akan mempengaruhi roundtrip.
Kemudian dari ke empat grafik CDF, boleh dikatakan grafik dengan ukuran paket 128 byte yang memiliki unjuk kerja yang bagus, karna grafik nya hampir seperti garis lurus, Artinya “Semakin mendekati angka 1 maka kejadian tersebut semakin jarang muncul”. Berbeda dengan paket lainnya, data RTT yang paling besar banyak sekali yang muncul,membuat unjuk kerja kecepatan akses internet menjadi lambat.

Sekian Laporan dari saya, jika ada saran & kritikan isikan saja komentar di bawah ini :D. 
Semua bisa jadi macan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar